Facebook
RSS

Pontianak

-
apriandi rusdi



PONTIANAK


hehe....kali ini aku kepengen nulis tentang kota asal tempat aku dibesarkan. Pontianak namanya, merupakan kota yang dibagi oleh sungai kapuas dan sungai landak menjadi tiga bagian. Kota ini juga dikenal sebagai kota khatulistiwa ( ada tugunya lho, di buat oleh orang belanda ). Pontianak adalah ibu kota dari provinsi Kalimantan Barat dan di bangun pada 23 oktober 1771. Kota ini awalnya berupa sebuah kerajaan melayu bernama Kesultanan Pontianak yang

berada di Kampung Dalam Bugis pada saat ini. 
 Satu hal yang paling aku benci adalah ketika orang mengatakan kalo Pontianak adalah kota dengan hutan belantara, masyarakat yang terbelakang dan primitif ( gerammm ) dan itu semuanya salah. Memang sih Pontianak jarang di ekspose oleh media, maklum karena nama " KALIMANTAN BARAT " kali ya...hehehe...untuk urusan perkembangan masyarakat gak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia. Yang paling aku suka dari kota ku ini adalah Masyarakatnya, Makananya, dan paling utama Perayaannya...Ok, aku bakal ngebahas ini satu persatu :





1. Makananya

Karena penduduk Pontianak heterogen, maka tak heran makanannya pun beragam. Mulai dari makanan etnis Melayu, Cina dan juga Dayaknya. Cita rasa yang dominan ditawarkan pada masakan melayu pontianak berupa makanan yang asam, asin, pedas dan spicy...emmm,, sedangkan makanan cinanya menawarkan rasa oriental dengan keharuman bawang putih, untuk makanan dayak sangat eksotis bahkan ada yang menawarkan masakan dari daging ular, biawak, labi-labi, dan lain-lain... Kalau diceritakan satu-persatu gak bakalan ada habisnya... soalnya banyak banget makanan khasnya dengan rasa yang pastinya enak banget..


2. Perayaannya

  • Perayaan tahunan memang sangat di tunggu oleh masyarakat kota, di awal tahun biasanya ada peerayaan imlek dengan festival kembang api, petasan dan lampionnya.



  • Kemudian akan di susul oleh perayaan Cap Go Meh, yaitu perayaan hari ke-15 setelah imlek. Biasanya ditampilkan festival Tatung, Liong, Barongsai serta festival makanan cina.

  • Pada tanggal 21-23 Maret akan ada festival titik kulminasi di tugu Khatulistiwa dan perayaan ini akan dihadiri para tamu kehormatan dari kerajaan Malaysia dan juga kerajaan Brunai Darussallam, perayaan ini berlangsung dua kali dalam setahun karena posisi matahari tepat diatas kota Pontianak juga terjadi pada tanggal 21-23 September.

  • Di tengah tahun biasanya diadakan festival Naek Dango, yaitu festival syukuran masyarakat Dayak akan hasil panen yang berlimpah dan biasanya festival ini diadakan di rumah adat betang dalam waktu satu minggu dan menampilkan berbagai macam kebudayaan masyarakat dayak.

  • Masuk pada bulan Ramadhan diadakan festival pasar juadah yang menjajakan berbagai macam makanan khas Pontianak.
  • Pada malam takbiran Idul Fitri di Pontianak diadakan festival Meriam Karbit dan juga Keriang Bandong ( lampion warna-warni ) di sepanjang pinggiran sungai Kapuas. Biasanya akan ada banyak turis asing yang berkunjung dalam perayaan ini dan masyarakat kota pun tumpah-ruah di sepanjang pinggiran sungai Kapuas, mangingat festival semacam ini hanya ada di Pontianak dan tidak terdapat di daerah lain.

baiklah rasanya cukup segini dulu ya, ntar di posting lagi tentang kota Pontianak.
Kalau mau melihat langsung, datang aja ke Pontianak. Gak susah kok, kalau dari jakarta cuma satu jam naik pesawat dan 24 jam jika naik kapal laut. "Makenye cobe dolok bagru tau"

Leave a Reply


    Blogger news

    Pengikut

    Total Tayangan Halaman